Informasi Terbaru Dan Terlengkap Sebelum Mendaki Gunung Guntur Garut

Gunung Guntur jadi gunung api aktif yang mempesona, kecil tapi penuh tantangan untuk para pendaki.

Liburan tidak selalu merogoh kocek dalam-dalam. Terlebih lagi tanggal tua dan ingin menikmati liburan. Cobalah berlibur ala backpacker seperti trekking naik gunung. Saat ini mendaki gunung memang tengah jadi trend. Mendaki gunung juga tidak memerlukan biaya yang mahal. Keindahan alam sekitar dari puncak gunung akan membuat tampilan foto kalian semakin keren. panorama sekitar gunung baik itu malam atau sunrise akan menghipnotis mata kalian. Salah satu gunung berpanorama indah di Garut adalah gunung Guntur.

Gunung Guntur Garut

Gunung Guntur Garut memiliki ketinggian hanya 2249 mdpl, jadi sangat cocok untuk para pendaki pemula. Meskipun relatif pendek tapi banyak pendaki memberi julukan padanya ‘si kecil yang nyebelin’. Nama ‘guntur’ sendiri sama artinya dengan kilat, petir. Terlebih lagi ditahun 2014 lalu sempat heboh pendaki tersambar petir dipuncak bayangan. Namun nama guntur bukan karena kejadian itu. Dinamakan ‘Guntur’ karena sering sekali petir menyambar disana, terlebih lagi daerah puncaknya.

Sebenarnya gunung ini termasuk gunung api aktif. Yang memiliki dua sumber mata air yakni mata air panas dan sumber air dingin. Dimana sumber air panas dimanfaatkan untuk pemandian Cipanas. Adapun sumber air dingin mengalir ke arah Curug Citiis. Si kecil ini mempunyai kemiripan trek dengan jalur pendakian menuju puncak Sumeru atau Mahameru.

Pemandangan pasir berbatu, padang savana dan tanjakan berkemiringan sangat curam. Akan jadi sajian utama yang menghiasi jalur track pendakian. Jadi harus berhati-hati. Salah melangkah akan sangat membahayakan.

Pesona Gunung Guntur

Sekilas mengenai gunung Guntur jangan membuat kalian menyerah dan tidak ingin mendakinya. Hal ini sangat salah! pasalnya banyak keindahan pemandangan gunung Guntur Garut yang mempesona. Mata kita akan dimanjakan dengan kecantikan kawah yang berada disekitar puncaknya. Hamparan kota Garut nampak indah dari ketinggian. Terlebih lagi ketika malam hari bercuaca cerah. Bintang bertaburan tak hanya menghiasi angkasa, namun juga menempel sepanjang hamparan kota Garut.

Keindahan sempurna ini akan ditutup bersama indahnya sunrise maupun sunset dari atas gunung Guntur. Perfect holiday ever! Bagi kalian yang baru ingin melakukan pendakian gunung Guntur, perlu diketahui bahwa terdapat tiga puncak yakni puncak bayangan, puncak pertama, kedua dan ketiga jadi puncak tertinggi. Pendaki juga tidak diperbolehkan mendirikan tendak dipuncak dengan alasan berbahaya, salah satunya bahaya petir.

Jadi disarankan berada dipuncak untuk pulang pergi untuk mencari sunrise dan sunset. Selain kawah terdapat pula lembah-lembah, air terjun dan sungai berair jernih yang jadi pemanja mata.

Rute Menuju Lokasi

Secara administratif, gunung ini berada di kecamatan Tarogong Kaler, kabupaten Garut. Dari terminal Garut hanya berjarak 5 km saja. kita dapat menaiki angkot jurusan Cipanas. Bila ingin mendaki sangat disarankan memilih jalur Curug Citiis. Sebab jalur ini jalur terpendek dan termudah saat ini. kita juga akan dapat bonus pemandangan indah curug Citiis.

Tiket Masuk

Sebelum mendaki, kita terlebih dahulu harus mendapatkan izin dan mengisi data. Tiket masuk gunung Guntur juga sangat terjangkau. Bila kekurangan logistic, sebelum mendaki dapat menambah terlebih dahulu. banyak warung disekitar basecamp. Bagi pendaki yang tidak membawa peralatan, dapat menyewa dengan harga variatif.

Setelah membaca ulasan lengkap mengenai gunung Guntur, kalian pasti semakin tertarik kesana bukan? Gunung aktif yang mempesona, kecil tapi penuh tantangan. Disamping berhati-hati selama mendaki, jangan lupa bawa sampahmu turun ya. Agar kebersihan gunung tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *