Informasi Lengkap Wisata Danau Kelimutu Flores Terbaru

wisata danau Kelimutu jadi lokasi wisata menarik dan legendaris, memiliki tiga warna berbeda yang unik.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan banyak keindahan alam didalamnya. tak hanya danau Toba saja, ada lagi danau yang tak kalah cantik. Berada di Flores NTT, lokasi ini sangat pupuler dan legendaris. Dulu lokasi wisata danau Kelimutu pernah dijadikan gambar pada uang pecahan 5 ribu rupiah. Danau disana memiliki tiga warna berbeda yang sangat menawan. Menurut bahasa daerah yang ada nama ‘Kelimutu’ terdiri dari beberapa kata. ‘Keli’ artinya gunung dan ‘mutu’ artinya mendidih, jadi artinya ‘gunung mendidih’. Sebelum kesana, intip dulu yuk pesona tersimpan didalamnya.

Keindahan Panorama Danau Kelimutu

Berdasarkan informasi sejarah danau Kelimutu dulunya tumbuh dalam kaldera, dan saat meletus terbentuklah tiga danau disana. dimana disetiap danau memiliki warna yang berbeda. berdasarkan sesepuh Flores, setiap warna memiliki makna berbeda. Tapi sebelum mencapai lokasi danau, terlebih dahulu wisatawan harus menempuh jalan setapak. Akses jalan sangat baik bahkan anak tangganya telah dicor.

Dari pos penjaga jalur berliku dan menanjak dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang hijau nan asri berudara segar. Tambahan info, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya bawa air minum dan makanan yang cukup. Pasalnya, sepanjang perjalanan menuju Danau Kelimutu Flores tidak ada orang yang berjualan makanan atau minuman disana. awal perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan sejuk dan indahnya panorama pohon kemiri.

Ketinggian pohon kemiri disana sama tingginya dengan rumah berlantai 2. Daunnya lebat seperti pohon beringin. Membuat pengunjung betah berlama-lama dan tidak merasa kepanasan. Selepas perjalanan melalui pohon kemiri, mata kita kembali dimanjakan dengan tebing curam bersama sang monyet penjaga. Pemandangan tebing dari bebatuan sangat memukau. Tapi perlu berhati-hati karena cukup curam. Kita juga harus berhati-hati akan monyet yang masih berkeliaran.

Barulah kita dapat menyaksikan keindahan wisata danau Kelimutu tiga warna. Danau pertama berwarna hijau telur asin bernama danau Tiwu Nuamuri Koofai. Menurut kepercayaan danau ini jadi tempat berkumpulnya arwah muda mudi yang telah meninggal dunia. danau yang agak jauh berwarna biru bernama danau Tiwu Ata Mbupu. Menurut kepercayaan danau ini jadi tempat berkumpulnya arwah-arwah orang berusia lanjut atau orang tua yang telah meninggal.

Sedangkan danau terakhir berwarna merah terkadang danau Kelimutu berubah warna jadi hitam dinamakan danau Tiwu Ata Polo. Danau ini konon jadi tempat arwah yang semasa hidup sering berbuat jahat. Tapi berdasarkan ke-ilmuan perbedaan warna ini terjadi karena perubahan faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan didalam kawah. Cahaya matahari juga mempengaruhi warna danau.

Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Danau kelimutu terletak di Ende, Flores. Dari Kupang NTT, lanjutkan perjalanan menuju Ende menggunakan pesawat atau transportasi lain. Sesampainya di Ende Flores perjalanan dilanjutkan memakai angkutan umum berbentuk mini bus. Menuju desa Kaonara yang berjarak 93 km dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. dari desa Kaonara menuju puncak danau Kelimutu jala sejauh kurang lebih 2,5 km. Tiket masuk wisatawan lokal sangat murah hanya 5 ribu rupiah untuk hari biasa dan 7 ribu dihari libur. Sedangkan turis asing dihari biasa membayar tiket masuk sebesar 150 ribu dan hari libur sebesar 220 ribu rupiah. area parkir luas, pondok penjaga, shelter, MCK dan losmen kecil jadi fasilitas pelengkap disana.

Wisata Danau Kelimutu memang jadi lokasi wisata andalan kota Flores. Sangat legendaris dan mempesona. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau. Ada banyak paket wisata menuju lokasi yang memudahkan kalian liburan menyenangkan di NTT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *