Daya Tarik Wisata Situ Bagendit Garut Jawa Barat

Wisata Situ Bagendit Garut adalah wisata alam berupa danau dengan suasana alam yang asri, lingkungan yang bersih, dan tiket masuk yang murah.

Wisata situ bagendit Garut adalah wisata danau yang terletak di desa Bagendit, kecamatan Banyuresmi, kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ adalah bahasa sunda dari kata danau. Dengan kata lain situ Bagendit artinya adalah danau Bagendit. Jalan menuju situ bagendit sangat mudah, sehingga banyak pengunjung yang memilih tempat wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Jarak dari pusat kota Garut hanya sekitar 4 kilometer dan bisa dijangkau dengan segala macam kendaraan. Anda bisa menyewa delman untuk sampai ke lokasi. Atau alternatif yang lain bisa naik angkot jurusan Terminal Guntur – Banyuresmi. Angkot tersebut lewat tepat di depan tempat wisata situ bagendit ini.

Daya tarik situ bagendit terletak pada suasana alam yang asri dan kualitas lingkungan yang bersih dan segar. Setiap bangunan di kawasan danau terawat dengan baik. Berbagai fasilitas juga telah tersedia untuk kenyamanan pengunjung tempat wisata ini. Fasilitas tersebut antara lain penyewaan sepeda air, angsa air, becak air, dan rakit. Anda bisa mengelilingi danau dengan aneka kendaraan unik tersebut. Ada juga bangku taman dan 6 buah shelter. Selain itu anda bisa mengajak putra putri anda bermain di taman bermain, menaiki kereta api mini, dan bermain air serta berenang di kolam renang yang ada di lokasi ini.

Ada juga fasilitas umum lainnya seperti mushola, toilet umum, dan lahan parkir seluas 1400 meter persegi. Lahan parkir tersebut bisa menampung hingga 30 bus, 60 kendaraan pribadi, dan 180 lebih kendaraan bermotor. Untuk pengunjung yang berniat menginap, ada fasilitas penginapan yang tidak begitu jauh dari lokasi wisata ini. Sedangkan fasilitas makan dan minum anda bisa mengunjungi rumah makan ayam goreng di Jalan Otista.

Legenda Terkena Wisata Situ Bagendit Garut

Selain menawarkan panorama danau yang menawan, wisata ini juga mempunyai legenda situ bagendit yang menarik untuk anda ketahui. Berikut ini sedikit kisah dongeng tersebut yang menjadi asal usul terbentuknya situ bagendit. Alkisah zaman dulu hidup wanita kaya yang mempunyai sifat kikir alias pelit bernama Nyai Endit. Suatu ketika datanglah seorang kakek tua yang nampak miskin ke rumahnya. Kakek tersebut meminta makanan saat si Nyai Endit sedang mengadakan pesta di rumahnya. Karena kekikirannya Nyai Endit menolak memberikan apa yang diminta sang kakek hingga akhirnya kakek tersebut pergi. Keesokan harinya warga kampung digegerkan dengan kejadian yang cukup aneh. Ada sebatang lidi yang menancap di jalanan desa. Namun yang mengherankan, tak seorang pun warga yang sanggup mencabutnya.

Ada satu orang yang bisa mencabut lidi tersebut yang tak lain adalah sang kakek yang tadi. Menurut kisah yang ada, dari lubang bekas lidi tersebut keluar air yang semakin lama semakin deras. Akhirnya wilayah tersebut tenggelam. Para penduduk bergegas pergi untuk mengungsi. Sementara Nyai Endit yang kikir dan sangat mencintai hartanya tidak rela kehilangan semua miliknya termasuk rumahnya. Akhirnya ia pun ikut tenggelam dan mati. Dari cerita situ bagendit tersebut kita bisa mengambil sebuah pelajaran berharga. Bahwa sifat kikir pada akhirnya akan membuat diri sendiri menderita. Demikianlah akhir dari dongeng situ bagendit yang terkenal ini.

Sekian informasi mengenai wisata situ bagendit Garut. Untuk anda yang ingin berkunjung, jam operasional tempat ini dimulai pada jam 7 pagi dan tutup pada jam 5 sore. Tiket masuk situ bagendit hanya sebesar 5.000 rupiah. Sangat terjangkau untuk mengajak liburan seluruh anggota keluarga. Akhir kata selamat berlibur bersama keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *